Senin, 16 April 2012

6 Tips Agar Bangun di Sepertiga Malam

0 komentar
          Kita tahu, bahwa saat kita melakukan Sholat Tahajud di sepertiga malam, maka kita akan mendapatkan pahala yang tidak terukur dari Allah Swt. Selain hal tersebut, doa yang kita panjatkan pun akan lebih mudah di ijabah atau dikabulkan. Karena pada waktu tersebut adalah waktu di mana Allah Swt dekat ke Bumi dan dekat kepada mahluk - Nya. 


          Tetapi, sangat sedikit dari kita yang bisa bangun di sepertiga malam, karena berbagai alasan. Dan berikut ini 6 tips agar bangun di sepertiga malam. Untuk awalnya memang mata seolah berat, tetapi akan menjadi biasa setelah biasa kita lakukan dengan mencoba 6 tips ini.

1. Tidurlah paling lama jam 10 malam.
       Kebiasaan tidur yang larut malam itu tidak baik, Rasulullah Saw sendiri pun menganjurkan bagi umatnya untuk tidak tidur larut malam. Jadi, kalau mau bangun di sepertiga malam, jangan tidur terlalu larut malam! Maksimal jam 22.00 sudah harus tidur, sebelum jam 22.00 lebih baik.

2. Wudhu dan Minum Segelas Air Putih
       Seperti yang kita tahu, bahwa Allah Swt senang dengan hamba - Nya yang selalu bersuci alias berwudhu. Jadi bersucilah sebelum tidur, karena "Kebersihan adalah sebagian dari iman", sehingga meski kita dalam keadaan tertidur, iman kita masih terjaga.

        Lalu, setelah kita berwudhu atau sebelum kita berwudhu, minumlah segelas air putih, jangan lupa membaca Basmallah sebelum minum! Ini penting, sebab, air putih itu akan membuat tidur kita lebih tenang, dan membuat kondisi badan kita menjadi lebih segar ketika bangun. 

3. Niatkan Dengan Sungguh - Sungguh
        Sebelum kita tidur, tepatnya ketika kita sedang berbaring di tempat tidur. Niatkanlah dalam hati untuk bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan Sholat Tahajud. Niatkanlah dengan sungguh - sungguh, Lalu berdoalah kepada Allah Swt, minta kepada - Nya untuk dibangunkan di waktu sepertiga malam.

4. Baca Al - Qur'an
       Setelah kita niatkan dengan sungguh - sungguh, kita harus ikhtiar. Ikhtiarnya ya dengan cara mambaca ayat suci Al-Qur'an. Kalau bisa bacalah surat Al-Waqi'ah, An-Nashr, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas, dan Al-Fatihah. Kalau tidak bisa semuanya paling tidak dari An-Nashr sampaiAl-Fatihah.

5. Baca Doa Sebelum Tidur
        Ini adalah tahapan yang paling akhir. Bacalah doa sebelum tidur. "Bismika Allahumma Ahya Wa Bismika Amut".

6. Tidurlah Dengan Posisi Badan Menghadap ke Kanan
      Tidur dengan posisi badan menghadap ke arah kanan adalah cara tidur yang dicontohkan olehRasulullah Saw. Jadi, harus dan wajib kita tiru.

       Itulah tips - tips agar bangun di sepertiga malam. Semoga bisa sedikit membantu bagi Anda sahabat semua. Bangun, kemudian berdiri, dirikanlah Sholat Tahajud.

Labels